Jelang Ramadan Tahun 2016

Jelang Ramadan tahun 2016 H-10 (meski belum dipastikan 1 Ramadannya) sudah mulai terasa orang-orang bersiap menyambut kedatangannya. Ya, memang Ramadan bagi sebagian besar kaum muslimin adalah bulan penuh barokah. Oleh sebab itu mereka suka dan berbahagia menyambut kedatangannya. Di lingkungan rumah saya saja hari Minggu kemarin bapak-bapak mengadakan kegiatan bersih-bersih lingkungan dengan menghias, membersihkan selokan, merapikan tanaman sisi jalan menuju masjid. Dan biasanya, masjid juga kebagian jatah dibersihkan dan disiapkan segala hal yang berkaitan dengan kegiatan rutinitas ibadah di bulan Ramadan. Tujuannya supaya jama’ah nyaman nantinya beribadah di masjid.

Di sisi lain, banyak orang yang bersiap dengan cara berhemat pengeluaran yang hasilnya nanti di gunakan jelang hari raya (1 Syawal). Mengapa berhemat? Karena budaya mudik dan bersilaturahmi butuh biaya ekstra. Bahkan perkiraan saya, tidak sedikit orang-orang yang mulai berhemat menyisihkan penghasilannya mulai dari bulan Syawal sebelumnya. Makanya slogan “Ayo berhemat” sebenarnya sudah lebih dulu dilakukan para Ramadan-ers (orang-orang yang suka dan berbahagia menyambut bulan Ramadan).

Tak ketinggalan, persiapan fisik juga perlu. Sebab, jangan sampai di hari H Ramadan justeru sakit. Tentunya kerugian yang didapat jika begitu. Yang utama selain yang sudah dipaparkan sebelumnya, adalah persiapan niat. Ya, membulatkan niat di hati untuk berpuasa Ramadan selama sebulan penuh. Dengan niat prima, fisik juga prima, semoga berbuah hasil yang prima juga di bulan Ramadan tahun 2016 ini. Aamiin.

Tapi, biasanya di bulan Ramadan harga bahan-bahan pokok jadi naik. Hiks hiks. Maunya sih justru harga bahan-bahan pokok itu spesial “terjun bebas” turun harga di bulan Ramadan. Tapi hukum permintaan penawaran tidak/belum tergoda. Tetap pada pendiriannya. Andai saja benar bisa terjadi harga bahan-bahan pokok spesial turun di bulan Ramadan, o alangkah bahagianya hati ini. Bisa jadi tambah semangat puasa Ramadannya tanpa harus ekstra memikirkan bagaimana membeli bahan kebutuhan pokok selama bulan Ramadan.

Comments

Pos Populer