Rahim Sang Penulis


Hmmm, masih saja saya hadir di sini bertemakan tulisan artikel tentang, menulis, menulis dan ... menulis. Kenapa? Ya saja juga nggak bisa jawab! Begini, mmmm, sebentar, sebentar ... Maaf, barusan saya gosok-gosok hidung saya dulu karena gatal. (mungkin mau flu ya?). Begini, pembaca mungkin pernah memperhatikan tulisan anak-anak, atau mungkin dulu waktu kita masih sekolah ditingkat SD, tulisan kita pernah dikomentari, "Aduh, tulisan kamu bagus ya Nak." atau, "Yah Nak, tulisan kamu kok jelek ya, belajar nulis lagi ya Nak, biar bagus tulisan kamu." Sayangnya tulisan saya dari zaman SD sampai sekarang dikomentari dengan komentar mirip dengan komentar kedua. Mungkin anak-anak zaman sekarang juga masih mendapat salah satu di antara dua komentar barusan diatas. Ternyata, itu semua hanya sekadar tulisan.

Ya, itu hanya sekadar tulisan. Saya beri ilustrasi sederhananya begini : Tulisan si b@jingan –bagi yang belum tahu siapa "b@jingan" itu, searching saja artikel saya di blog dengan keyword 'b@jingan'– itu tulisannya bagus, mudah dibaca dan selalu berisi kalimat-kalimat kasar, apriori-minded bahkan terkadang provokatif, sementara tulisan si Mbah Jingan penuh kata-kata sederhana penuh makna meski ... tulisannya jelek dan untuk membacanya perlu cara berulang-ulang kata per kata (maaf ya Mbah Jingan). Mana di antara dua tulisan dalam ilustrasi itu yang menurut Anda bagus ?

Paragraf pertama saya diatas jangan Anda berapriori negatif ya. Itu sebagai paragraf penunjang paragraf berikutnya saja. Jadi, hindari apriori-minded.

Isi. Semua kembali ke "rahim tulisan" itu. Isi.

Lantas bagaimana? Ini seumpama seorang ibu yang sedang mengandung janin dalam rahimnya. Supaya janinnya tumbuh sehat dalam rahim, sang ibu menghindari memakan makanan-minuman yang dapat merusak sang janin. Hingga nantinya sang jabang bayi yang dilahirkannya sehat, normal. Itu setali tiga uang dengan isi. Sebelum isi itu keluar dalam bentuk sang jabang bayi yang sehat, normal, bahkan disukai orang lain, "rahim" sang penulis juga harus diberi asupan kosakata terbaik. Hingga waktunya sang jabang 'tulisan' bayi itu lahir, menggoda orang-orang yang melihatnya, membacanya, sebab susunan katanya kaya kosakata bermakna, bermanfaat.
Dan, semoga jabang 'tulisan' bayi saya yang sudah lahir ini bermakna, bermanfaat bagi Anda, pembaca.

Logo

Comments

  1. hmmm... kalo ibu nengandung minum susu, penulis barangkali harus mengkonsumsi buku..atau blog walking :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmmm sepertinya begitu :)
      Eh, makasih ya dah mau kasih komen disini, Mas aral.

      Delete
  2. Rahim sang penulis. AHA...sukses untuk idenya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hatur nuhun Ibu Iin, sukses juga ya buat ibu (o)

      Delete

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungan berikut berkomentarnya kamu.

Pos Populer